Pers Sebagai Kekuatan Politik Dan Sosial

§ Surat kabar, sebuah agen komunikasi paling berpengaruh

Capter dengan judul tersebut menjelaskan tentang fungsi surat kabar sebagai sebuah instrumen komunikasi yang paling berpangaruh dalam proses perpolitikan dan sosial diantara instrumen komunikasi lainnya. Hal ini, disebabkan oleh berbagai hal sebagai sifat dari surat kabar itu sendiri. Sifat-sifat tersebut mencakup: alat serta pekerja dari surat kabar memiliki kemampuan bagus serta dikembangkan dengan kualitas yang tinggi. Dalam arti berita serta opini dalam surat kabar dibentuk oleh orang-orang yang terlatih, dikarenakan orang-orang tersebut adalah penulis yang terpilih diantara orang-orang berpendidikan untuk masalah politik dan terlatih dalam jurnalisme. Selain itu, surat kabar dapat meraih publik dengan skala yang sangat luas.

§ Pengoperasian Pers Sebagai Kekuatan Politik

Surat kabar bergerak dalam sembilan kegiatan pemerintah serta opini publik. Kesembilan kegiatan tersebut adalah

  1. Surat kabar melaporkan berita yang terjadi, melaporka fakta yang harus diketahui oleh masyarakat dalam negara demokrasi
  2. Surat kabar menginterpretasikan urusan dalam masyarakat politik (public affair), dalam arti berita membutuhkan interpretasi disebabkan meningkatnya kompleksitas permasalah serta isu dalam pemerintahan.
  3. Surat kabar mengkritisi, memiliki pertahanan untuk menjaga, serta membentuk sebuah usulan. Maksudnya surat kabar memiliki rubrik editorial sebagai lahan untuk mengkritisi yang dapat mempengaruhi suasana politik dan urusan pemerintah dan menjadi sebuah usulan.
  4. Kartun politik dalam surat kabar memainkan bagian dalam mempengaruhi perpolitikan dan pemerintah. Dikarenakan kartun lebih sering dirasakan keefektifitasannya dibanding editorial.
  5. Surat kabar memimpin kampanye, sebagai bagian dari perubahan yang dibuka oleh surat kabar menjadi urusan publik.
  6. Surat kabar mempropagandakan dikarenakan propaganda dalam surat kabar yang dilakukan secara kontinyu dapat memimpin dan mempengaruhi masalah politik.
  7. Mempromosikan kegiatan ekstra menjadi hal yang diorganisir dalam surat kabar
  8. Surat kabar mengadopsi platform
  9. Iklan bagi seluruh kandidat dan partai yang dapat mempengaruhi pemilih dalam surat kabar

    • Tekhnik Surat Kabar Direncanakan Dengan Tujuan

Pengaruh pers dalam ruang politik dan pemerintah memiliki aspek yang berbeda. Aspek-aspek tersebut adalah:

  1. Melaporkan fakta yang dapat memberikan petunjuk terhadap opini publik. Disebabkan pengetahuan seseorang akan fakta tentang pemerintah adalah hal yang menjadi fondasi dalam kehidupan demokrasi. Dan surat kabar merupakan hal yang dapat memberikan petunjuk untuk hal tersebut.
  2. Publikasi membersihkan masalah politik dan pemerintahan. Berita tentang pemerintah membuang atau mengenyampingkan masalah yang bersifat rahasia dan menjalankan diantara para pekerja sebuah sense tanggung jawab publik. Sehingga publikasi diperlukan untuk mengingatkan pemerintah tentang tanggung jawab tersebut
  3. Pers fokus terhadap isu-isu yang sedang terjadi. Dalam hal ini, surat kabar membawa permasalahan umum bukan dari publik itu sendiri. Dan melahirkan sebuah area debat dengan isu yang dibentuk oleh surat kabar tersebut.
  4. Interpretasi mengklarifikasi urusan publik.
  5. Berita propaganda membelokkan opini publik. Publik bisa menerima sebagai fakta satu sisi sebuah informasi yang terdapat dalam kolom surat kabar, yang terjadi secara ekslusif disebabkan hanya menyangkut satu partai dan tidak menguntungkan partai lainnya.
  6. Kekritisan pers membantu terjadinya reformasi. Sifat kritis surat kabar dapat memaksa ketidakinginan para pelaku politik untuk pensiun. Sehingga, setiap surat kabar memiliki record dalam membuat sebuah perubahan, biasanya menuju hal yang lebih baik, dalam kehidupan publik.
  7. Kampanye mempengaruhi reformasi. Kampanye yang ditulis dalam kolom berita dengan konsentrasi pada fakta melalui argumen yang dilakukan dari hari ke hari dapat mempengaruhi terjadinya reformasi
  8. Aktivitas “ pelayanan” membantu pemerintah. Pelayanan Surat kabar berkaitan dengan urusan publik dalam memfasilitasi pemerintahan yang bagus.
  9. “ Platform” menyediakan pengumpulan poin untuk masalah yang dijadikan untuk diskusi dan aksi.
  10. Pers mempengaruhi hubungan baik dalam kancah internasional. Hubungan internasional dipengaruhi oleh bentukan opini-opini yang dibentuk dalam surat kabar. Dengan memicu publik dalam pembentukan pemikiran, surat kabar menjadi penentu perpolitikan internasional.
  11. Kolom iklan dapat menghasilkan hasil. Para kandidat dan kelompok-kelompok yang memiliki kepentingan menekan opini publik dengan pesan yang mereka sampaikan melalui iklan yang ditampilkan. Iklan didesain untuk membentuk opini dalam ranah kebijakan publik dan hukum membutuhkan rencana berikut presentasi

  • Editor Bisa Mengarahkan Pada Kesalahan Dalam Makalahnya Sehingga Membuat Makalah Tersebut Kurang Berguna

Terdapat berbagai faktor yang cenderung untuk mengalahkan nilai-nilai sosial dimana pers dapat membawa pada sebuah keadaan demokrasi.

a. Orang yang mempublikasi sering untuk mengubah berita yang disampaikan. Ketika seorang publiser atau editor menulis tentang para pekerja politik di kolom berita, berita tersebut bisa dirubah olehnya.

b. Reporter bisa mengalah kepada ketidakpastian atau prasangka. Padahal pekerjaannya adalah untuk melaporkan dengan akurat, komplit, tanpa ketidakpastian tentang kebenaran yang terjadi dalam perpolitikan dan pemerintahan.

c. Kelompok yang egois dapat mengendalikan kontrol. Dalam artian ketika kepemilikan surat kabar diperoleh dengan kontrol dari pribadi atau kelompok, maka surat kabar akan kehilangan nilainya sebagai pelayan publik

d. Propaganda menekan ancaman yang diberikan oleh kelompok. Tekanan kelompok melalui teknik propaganda dapat membuat menghilangkan fungsi dari pers sebagai pemberi fakta kepada publik

e. Rahasia official dapat melemahkan demokrasi. Rahasia dalam pemerintahan menahan atau membatasi pers untuk menunjukkan bagian tersebut dengan jelas.

f. “pemberian” dapat menghalangi pencerahan publik. “pemberian” pemerintah dapat menghalangi tujuan dari pers. “pemberian” adalah informasi yang disiapkan untuk pers ileh departemen pemerintahan dan diberikan kepada reporter, biasanya dalam bentuk cerita-berita.

g. Pembaca berkontribusi terhadap permasalahan. Kekuatan surat kabar bisa menjadi sesuatu yang dianggap negatif bagi pembaca yang kurang pintar dalam mengenali serta memahami berita yang ada. Publik dalam negara demokrasi mempunyai tanggung jawab terhadap bacaan berita tentang pemerintahan yang dikeluarkan surat kabar, dalam mengoreksi pers dengan mengkritisi atau sebuah penolakan untuk mendukung surat kabar ketika terjadi sebuah kesalahan.

§ Kesimpulan

Capter diatas menjelaskan tentang kedudukan pers sebagai kekuatan politik melalui kriteria-kriteria yang dimilikinya dan sudah disebutkan serta dijelaskan secara umum pada bagian atas. Dari kriteria-kriteria itulah maka pers melalui surat kabarnya dapat menjadi salah satu bagian tersendiri dalam dunia politik serta pemerintahan. Termasuk kelemahan-kelemahan yang dimilikinya sebagai sebuah badan yang seharusnya bersifat netral tetapi tetap mendapatkan intervensi dari pemiliknya

Published in: on November 16, 2007 at 10:11 am  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://rabiahal.wordpress.com/2007/11/16/pers-sebagai-kekuatan-politik-dan-sosial/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: