internet

Perkembangan manusia yang semakin cepat tentu mempengaruhi berbagai hal. Salah satunya kebutuhan akan informasi yang dapat membantu keeksisan kehidupan manusia itu sendiri. Keadaan tersebut secara otomatis juga akan mempengaruhi adanya keterlibatan alat untuk menyebarkan informasi yang ada. Usaha manusia dalam mneggalinya ternyata tidak sia-sia. Hingga hari ini, alat tersebut semakin berkapasitas dan berkapabilitas tinggi.

Salah satu dari alat tersebut, atau biasa disebut dengan nama Media, adalah Internet. Sebagai sebuah media terkini dikarenakan kemampuannya menjawab segala macam kebutuhan manusia akan informasi dan kemudahan dalam menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari. Internet juga dikenal sebagai media interaktif. Mengapa? Selain wacana di atas, internet sebagai media juga mampu untuk melakukan proses komunikasi langsung sehingga kemajuan dalam berkomunikasi sudah dapat dibuktikan melalui terciptanya internet.

Namun, sebagaimana yang kita ketahui bahwa, keadaan tersebut adalah bagian dari teknologi ciptaan manusia. Jika, merujuk kepada etos teknologi yang terbagi menjadi tiga bagian yaitu

*      Manfaat untuk masyarakat

Dalam hal ini, internet sebagai sebuah media, merujuk dari apa yang disampaikan dalam artikel-artikel harian kompas tersebut. Internet diakui sudah menjadi bagian dari kebudayaan dalam masyarakat dikarenakan manfaat yang dirasakan tidak hanya untuk berbagai kalangan. Tetapi, dapat dirasakan oleh semua kalangan akan kemamapuannya memberikan informasi atau berita dalam hal ini dengan factual, cepat, terorganisir, serta memiliki sumber yang sangat beragam.

Hal ini, tentu saja menjadi sebuah nilai yang dijadikan sebagai acuan untuk selalu meningkatkan kemampuan internet dalam mempurmudah masyarakat untuk mendapatkan informasi, melihat hiburan, melakukan proses komunikasi dengan kecepatan dan kemudahan serta harga yang relatif lebih murah serta bisa menjangkau seluruh bagian dunia.

Tajuk “ Menuju internet untuk rakyat” merupakan sedikit contoh akan kegunaan internet yang memang sudah tidak diragukan lagi sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat. Dan dapat disimpulkan bahwa internet memenuhi etos teknologi yang pertama ini.

*      Kesehatan

Sebagaimana dilihat dalam artikel yang berjudul “ Menonton Internet Lebih Untuk Rekreasi”, dapat dikatakan bahwa internet juga memenuhi syarat etos teknologi yang ke-2 yaitu kesehatan. Dengan internet, maka kita akan merasa ayik terbawa dalam dunia maya sehingga permasalahan-permasalahan yang sebelumnya tercipta dapat hilang seiring dengan kegiatan yang kita lakukan.

Internet, juga dibentuk bukan untuk memberikan sejenis penyakit berbahaya tetapi lebih kepada bantuan terhadap perkembangan pendidikan dan informasi. Kita akan lebih sering bersosialisasi meskipun di dunia maya dengan banyak pihak. Kembali kepada judul artikel diatas, internert juga menawarkan berbagai hiburan dengan aplikasi televisi, musik, video, bahkan game.

Juga, internet tidak memerlukan pembiayaan khusus dan besar-besaran yang dapat dicapai oleh semua pihak. Dan orang tidak perlu pusing untuk memikirkan bagaimana jika tidak memiliki uang atau akan habis. Hanya dengan beberapa ribu rupiah internet sudah dapat diakses. Meskipun di luar negri pembiayaan internet relatif lebih murah.

*      Tidak melanggar normatif agama

Internet diciptakan untuk tujuan informasi. Tidak ada pengaruh apapun dalam mencampuri nilai keagamaan dan menyalahi perintah-perintah tuhan. Malahan internet, merupakan hasil dari usaha manusia itu sendiri dalam rangka memberdayakan apa yang sudah tuhan berikan.

Fitur-fitur yang disediakanpun tidak melanggar nilai-nilai keagamaan. Dalam hal ini, internet hanyalah sebuah media yang tidak mencampuradukkan antara nilai-nilai yang dianggap sakral sehingga tidak menimbulkan kontroversi.

Lalu bagaimana dengan situs-situs porno yang banyak ditampilkan melalui internet, padahal pengguna internet menjangkau secara luas dan tidak dapat dimonitor oleh seseorang. Namun, kita harus kembali bahwa penciptaan internet pada awalnya hingga saat inpun bukan dengan tujuan terhadap hal-hal tersebut tetapi untuk mempermudah akses, proses pembelajaran, pertukaran informasi, dan efektivitas waktu. Sehingga internet juga memnuhi syarat yang ketiga dari etos teknologi yang dikemukakan.

Kesimpulan

Internet sebagai media interaktif yang diciptakan manusia merupakan sebuah peningkatan teknologi berkomunikasi. Selain itu, internet sebagaimana penjelasan diatas sudah memenuhi tiga syarat etos teknologi dalam rangka menyeleksi teknologi-teknologi yang tercipta sehingga benar-benar dirasakan kebaikannya untuk semua orang.

Published in: on November 16, 2007 at 9:13 am  Comments (1)  

The URI to TrackBack this entry is: https://rabiahal.wordpress.com/2007/11/16/hello-world/trackback/

RSS feed for comments on this post.

One CommentLeave a comment

  1. Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: